Hijab and Seasons…

” Timkai lei pau dau keh?”..(Kenapa kamu mennutupi kepalamu)

“Hamai yikwo kit co fen leh,em sai pau dau?”.. (Apa kalau sudah menikah tidak usah ditutupi)

“Tanhai oke wo,kem mou kem tung loh” (Tapi bagus,jadi kamu tidak kedinginan)

***

Beruntun pertanyaan diajukan seorang penjual ikan ketika ku ke pasar membeli kebutuhan untuk makan malam.Terkadang tanpa kita sadari,kita lupa bahwa ada yang memperhatikan kita.Gerak-gerik langkah kita,kebiasaan kita.Apalagi hidup di kawasan yang minoritas muslim,Kau akan diperhatikan lebih karena perbedaan adat dan kebiasaan.Disinilah iman wanita-wanita muslimah diuji,yang mana kau akan membawa kebaikan atau malah sebaliknya.

Hijab,merupakan suatu identitas khas Islam yang mampu menyatukan kaum Muslimin menjadi satu tubuh. “Hijab bukan saja sebagai identitas Muslim, tetapi lebih dari itu, sebagai alat pemersatu, sebagai pembeda, antara kaum Muslimin dengan yang lainnya.Dengannya kau akan mudah dikenali.Firman Allah swt :

Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu dan anak-anak perempuanmu dan kepada wanita-wanita mukmin agar mereka mendekatkan diri kepada mereka dengan jilbab mereka supaya mereka mudah dikenal dan supaya mereka tidak diganggu maka sesungguhnya Allah Maha mengampuni dan Maha Penyayang.” (Qs Al ahzab: 59)

Hijab,tidak hanya berfungsi dalam musim dingin sekarang ini.Tapi juga dlm musim-musim lainnya.Musim panas,gugur dan musim semi sklipun.Allah memerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya untuk kebaikan manusia. Dan setiap yang benar-benar manfaat dan dibutuhkan manusia dalam kehidupannya, pasti disyariatkan atau diperintahkan oleh-Nya.

Hijab adalah kewajiban untuk setiap muslimah,jilbab pun memiliki manfaat.Tak sekedar membawa manfaat ukhrawi namun banyak juga manfaat duniawinya. Jilbab tak hanya sekedar menjaga iman dan takwa pemakainya, namun juga membuat kulit terlindungi dari penyakit kanker dan proses penuaan.

Wallahualam bishowab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s